pengenalan jenis-jenis kabel instalasi listrik!!!

1. Kabel instalasi 


1.1 kabel rumah 
-  kabel jenis NYA : untuk pemakaian atau penggunaan pada tegangan 100 volt dengan isolasi PVC mempunyai ukuran dari 1 s/d 500 mm² , kabel NYA digunakan untuk instalasi perumahan yang dipasang ditempat yang kering atau biasa dipasang didalam pipa atau rool isolator. Tidak diperkenankan pemasangan kabel ini di tempat yang lembab dan basah.
N=Tembaga Y=Isolasi PVC(A)=ader (tunggal) berinti tunggal

-   kabel jenis NGA : ciri-ciri kabel ini adalah terbuat dari tembaga yang berisolasi karet dan di lapisi dengan kain dengan inti tunggal. Kabel NGA biasanya digunakan untuk instalasi tetap ruang tertutup . jika digunakan dalam instalasi dalam tembok harus menggunakan pipa dan jika dipasang pada instalasi di luar tembok harus menggunakan pipa dan jika dipasang pada langit-langit harus menggunakan roll isolator / rool sekat . kabel NGA tidak dipasang di ruang terbuka karena jika terkena air akan menyerap air dan jika terkena panas maka karetnya akan mudah meleleh .
N= tembaga G=gumen (besi) A= Ader 
-  Kabel jenis NYAF : kabel yang memiliki penghantar terdiri dari kawat-kawat tembaga yang halus dan memiliki kegunaan sebagai kabel rumah. Ciri-ciri dari kabel ini adalah kabel yang berisi serabut tembaga tunggal dengan diisolasi PVC . kabel NYAF biasanya digunakan pada alat-alat listrik/mesin-mesin listrik dan instalasi tenaga . kabel ini tidak biasa digunakan untuk instalasi tetap pada instalasi penerangan dan kabel ini juga digunakan pada mesin-mesin yang portable .
N = Tembaga Y=Isolasi PVC A = Ader F = fleksibel

1.2 Kabel Lampu 

- kabel jenis NYFA : kabel yang terdiri dari penghantar tembaga tunggal dengan memiliki 1-4 kawat urat . kabel ini biasanya dipakai untuk instalasi dalam lampu dan armature penerangan dalam keadaan yang terlindung dan bebas dari ketekunan dan puntiran. Juga untuk menghubungkan armature dengan rangkaian akhirnya
- Kabel NYAF 2 dan NYFAD : kabel ini mempunyai 2-3 urat kembar yang diletakkan rata sejajar , sehingga membentuk sebuah pita kecil . kabel ini digunakan untuk instalasi penerangan dalam keadaan yang terlindung dan bebas dari tekukan dan puntiran . juga untuk menghubungkan armature dengan rangkaian akhirnya .

1.3 kabel instalasi berselubung
- kabel jenis NYM : ciri-cirinya ialah kabel yang terdiri dari 2 atau lebih inti tembaga yang diisolasi PVC dan diberi selubung luar PVC dengan warna putih. Tegangan kerja yang diperoleh maksimum 500 volt. Kegunaannya kabel NYM adalah digunakan untuk instalasi tetap/tidak tetap baik didalam ruangan maupun di luar ruangan . kabel NYM boleh langsung dipasang menempel pada tembok dan boleh langsung ditanam dalam tembok tanpa menggunakan pipa dan syarat minimal 1 cm dibawah permukaan tembok.
N=Tembaga Y= isolasi PVC dalam =M=selubung luar PVC (putih)

2.  kabel Tanah 

2.1 Kabel Tanah Termoplastik tanpa Perisai 

       Kabel NYY: ciri-ciri kabel NYY adalah kabel terdiri dari 2 kabel atau lebih yang diisolasi PVC dan diberi selubung luar PVC termoplastik dengan warna Hitam . tegangan kerja maksimum yang diinginkan ialah 60 volt.
Penggunaannya : kabel NYY dapat digunakan sebagai penghantar instalasi tetap baik dididalam maupun di luar tembok , bahkan boleh langsung ditanam dalam tanh dan kabel NYY termasuk dalam golongan kabel tanah.
N= tembaga Y= Isolasi PVC Y=Selubung luar PVC termoplastik (hitam)
Kabel NYY : Kabel yang mempunyai ciri yaitu penghantarnya terdiri dari almunium. Kabel ini dugunakan sebagai kabel tanah. Kabel pengintrl dengan banyak urat dan bisa juga digunakan sebagai kabel tenaga.

2.2 kabel Termoplastik Berperisai 

- kabel jenis NYFGBY : ciri-ciri adalah kabel yang terdiri dari 2 inti atau lebih berisolasi PVC dan dilindungi oleh perisai kawat baja berlapis seng dan dililit oleh spiral pita baja berlapis seng dan diberi selubung luar PVC termoplastik. Umumnya berwarna hitam atau merah. Kabel NYFGBY digunakan untuk saluran atau jaringan instalasi dalam tanah. Tegangan kerja yang diinginkan diatas 600 volt . NYRGBY sama dengan kabel jenis NYFGBY hanya perbedaan terletak pada perisai kawat bajanya atau lambing huruf (R) kabel jenis NYFGBY perisai bajanya bulat.

- kabel NYBY : seperti kontruksi NYFGBY dan NYRGBY hnaya perisai kawat baja dengan spiral pita bajanya diganti dengan perisai. Dua pita baja berlapis seng kegunaan sebagai kabel tanah.

1. Snur , ciri-ciri kabel snur terdiri dari 2 kabel atau lebih yang dililit menjadi satu berisolasi karet dan dilapisi kain umumnya berwarna coklat dengan inti serabut. Kabel ini mempunyai 2 kabel yang mempunyai inti dan 1 sebagai tali penguat. Kabel ini digunakan pada lampu-lampu gantung
2. kabel PVC , kabel ini terdiri dari 2 kabel yang berhimpit berisolasi PVCdengan inti serabut . kabel ini biasanya digunakan untuk instalasi-instalasi sementara dan tidak boleh digunakan sebagai penghantar instalasi tetap

Jenis-Jenis Penghantar Kawat   

1. Kawat BC (Bare Conductor )
Kawat BC  ialah penghantar kawat tanpa isolasi. Bahan dari kawat tersebut terbuat dari jenis logam yang belum tentu jenisnya. Kawat ini biasanya digunakan untuk penghantar diluar bangunan .

2. kawat BCC (Bare Copper Conductor )
Kawat ini terbuat dari bahan tembaga yang tanpa isolasi. Kawat BCC digunakan untuk pentanahan (ground) untuk instalasi penangkal petir

3. Kawat AAC ( All Alumunium  conductor )
Kawat ini terbuat dari bahan aluminium proses dingin digunakan untuk jaringan hantaran di udara untuk distribusi tegangan rendah dengan jarak pendek

4. kawat AAAC (Alumunium All Alloy Conductor )
Kawat ini terbuat dari bahan aluminium dengan proses tinggi. Kerena aluminium tidak mempunyai daya Tarik yang kuat ini digunakan untuk tegang jaringan rendah  dan menengah dengan jarak pendek

5. Kawat ACSR (Alumunium Conductor Steel Rainforsed)
Kawat ini terbuat dari aluminium dengan inti baja, baja digunakan sebagai tegangan Tarik yang  keluar. Kawat ACSR digunakan untuk jaringan tegangan tinggi dengan jarak jauh (transmisi)



pengenalan jenis-jenis kabel instalasi listrik!!! pengenalan jenis-jenis kabel instalasi listrik!!! Reviewed by Pengetahuan on 6:04 AM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.